Pengertian E-Commerce adalah aktivitas penyebaran,
penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan
jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.
Arti E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga
didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan,
mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.
Secara sederhana pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas
transaksi jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan
menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet. Transaksi e-commerce ini
bukan lagi hal baru di tanah air, bahkan perkembangannya terbilang sangat
pesat.
Perubahan lingkungan bisnis
akan terjadi
setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan
faktor-faktor lingkungan luar perusahaan, baik pada skala nasional, regional
maupun global. Sebagian dari dampak yang mereka timbulkan banyak terbukti telah
mempengaruhi datangnya berbagai kesempatan usaha (business opportunities).
Banyak perusahaan
memiliki sistem organisasi yang baik yang didukung oleh visi, misi serta
business plan yang sudah matang tetapi tidak menjamin perusahaan menjadi sukses
untuk mendapatkan laba. Rata – rata perusahaan tersebut mengalami penurunan
kinerja usahanya karena kesalahan mengartikan skenario bisnis dan asumsi
pengaruh lingkungan luar.
Dalam prakteknya
faktor-faktor ekonomi dan non-ekonomi yang tidak dapat dikendalikan oleh
pimpinan perusahaan sangat luas dan banyak ragamnya. Sehingga hal ini
kadang-kadang membingungkan kita untuk dapat mengamatinya dengan baik. Sehingga
para pebisnis dan dunia usaha berlomba mencari strategi baru agar dapat
bertahan dalam persaingan. Namun pemimpin harus bijak dalam mengambil suatu
keputusan dan harus melakukan kajian terlebih dahulu, apakah keputusan yang
akan diambil dapat menguntungkan perusahaan atau merugikan untuk kedepannya.
Untuk menghadapi perubahan
ekonomi global saat ini tergantung cara pandang atas globalisasi sebagai
tantangan yang dapat menjadi perubahan. Memasuki trand Globalisasi harus
dimaknai sebagai bentuk kebahagiaan karena saat ini kita telah memasuki era
globalisasi yang dimana teknologi informasi dikendalikan oleh sebuah chip yang
ada dalam ponsel untuk menerima segala informasi yang ada di seluruh dunia.
Ada 5 langkah yang
harus dilakukan dalam menghadapi perubahan bisnis, yaitu :
1. Meningkatkan Kualitas SDM
Dengan meningkatkan
kualitas SDM, bisnis yang dijalankan bisa survive dari persaingan yang sangat
ketat dengan cara memberikan pelatihan, pengetahuan tentang teknologi saat ini
dan juga dengan meningkat kualitas diri sendiri sebagai pemimpin di suatu
bisnis.
2. Responsif
Cepat tanggap dan
responsif terhadap perubahan yang terjadi dapat dihadapi jika memiliki SDM yang
berkualitas. Ketelitian dalam melihat peluang baru, kecepatan dalam menangani
keluhan konsumen, tanggap terhadap serangan kompetitor membutuhkan strategi
yang ampuh untuk menghadapinya. Jika salah dalam menangani keluhan konsumen,
maka konsumen akan kecewa, dan meninggalkan Anda, kemudian beralih ke
kompetitor.
3. Upgrade Teknologi
Karena perkembangan
dan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat maka kita harus bisa mengembangkan
teknologi yang mendukung usaha kita dengan cara mengganti teknologi yang lama
dengan teknologi yang baru sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih
berkualitas untuk dapat bersaing dengan competitor.
4. Meningkatkan Akses Informasi
Informasi merupakan
sesuatu yang penting saat ini. Sehingga kita harus bisa mengembangkan sumber
informasi yang kita dapat bukan hanya dari Televisi, Radio atau surat kabar
tetapi juga melalui Internet, social media untuk mendapatkan informasi yang
lebih banyak dan juga dengan mengembangkan sumber informasi maka pengetahuan
dan wawasan kita juga ikut bertambah.
5. Evaluasi Pencapaian Target
Jika kita menjalani
suatu bisnis maka diperlukan adanya evaluasi untuk mengetahui bagaimana
perkembangan bisnis yang sudah kita jalani apakah sudah baik atau masih ada
kekurangan yang ada di dalam bisnis kita.
Kesimpulannya adalah
lingkungan ekonomi harus menyesuaikan apa yang sedang terjadi dalam dunia
bisnis sehingga jika ingin menjalani suatu bisnis atau sedang menjalaninya bisa
bertahan saat mengahadapi perubahan dan masalah yang terjadi dalam dunia
bisnis.
Business
To Business Forms Of E-Commerce
1. Inter
organizational systems
2.
Electronic markets
Pengunaan Internet
1. Kemampuan
internet dalam menghubungkan antar perusahaan
2. Jangkauan
internasional dari internet
3. Berbagai
kepemilikan dalam internet
4. Kemampuan
kases dalam internet
5.
Fleksibiitas penggunaan platform system
6. Biaya
rendah penanganan bisnis dengan internet
Strategi Pemasaran Untuk Pemasaran Elektronik
1.
Segmentasi dan penentuan pasar sasaran
2.
Diferensiasi produk dan positioning
3. Strategi
bauran pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar