Selasa, 22 Oktober 2019

SIFAT PEMBELI INDUSTRI DAN PERILAKU PEMBELIAN


1. Tujuan Pembelian
    a.  Pembelian item yang tepat pad jumlah, harga, dan saat pengiriman pada tempat tujuan yang  tepat
    b. Ketepatan dari sisi:
a)        Pengiriman
b)        Kualitas
c)        Harga yang rendah
d)       Pelayanan
e)        Hubungan dengan suplier
2. Aktivitas Pembelian
Fase dalam proses pembelian:
          A.    Menyadari kebutuhan dan masalahnya
          B.     Penetapan karakteristik dan jumlah produk yang di beli
          C.     Mengembangkan spesifikasi atau diskripsi produk yang diperlukan     
          D.    Pencarian pemasok yang berkualitas
          E.     Menetapkan dan analisis pemasok
          F.      Evaluasi usulan dan selsksi proposal
          G.    Seleksi jalur pemesanan
          H.    Penilaian kinerja dan evaluasi pasca pembelian 
3. Tipe-tipe Pembelian
1.      Pembelian baru
 Perusahaan baru pertama kali membeli
 2.   Perubahan pemasok
Perusahaan tidak puas dengan kinerja pemasok yang sekarang sehingga mengganti pemasok untuk pembelian produk yang sama
3.   Pembelian ulang 
 Organisasi/perusahaan memerlukan pembelian produk secara berkelanjutan 
4. Teknik Pembelian
Memahami pembelian menjadi lebih mudah jika dibagi ke dalam fase pembelian yang berbeda dan fase fase ini di analisis di bawah situasi pembelian yang berbeda (disebut buyelasses). Robinson telah merumuskan kerangka pembelian,yang menggabungkan tiga jenis situasi pembelian dengan delapan fase proses keputusan pembelian.

1. semua 8 fase dari proses pembelian industri berlaku untuk situasi pembelian tugas baru namun, dalam kasus situasi pembelian kembali dan pembelian langsung, hanya beberapa fase  pembelian yang berlaku
2. situasi pembelian yang paling sulit untuk tugas baru dalam fase buyphases pengakuan masalah dan penentuan karakteristik dan spesifikasi produk.
3. situasi membeli kembali tidak akan sulit untuk diatasi
4. situasi membeli kembali secara lurus ditangani secara rutin

5. Buying Centre
Buying centre merupakan kumpulan individu atau kelompok yang berpartisipasi dalam keputusan pembelian
6. Evaluasi kapabilitas pemasok
Supply material harus dijaga, agar tidak terjadi penurunan kualitas kerja sama dari perusahaan supplier maka perlu dilakukan pengontrolan terhadap semua perusahaan supplier. Penilaian paling tidak menyangkut tiga aspek yaitu kemampuan perusahaan supplier untuk menyerahkan jumlah material sesuai dengan yang dipesan, ketepatan perusahaan supplier untuk melakukan penyerahan material sesuai dengan yang dipesan, keceparan perusahaan supplier menyerahkan material sesuai dengan jadwal penyerahan material dan kondisi kualitas material.
Evaluasi terhadap kondisi perusahaan supplier perlu dilakukan secara periodik. Penghargaan kepada perusahaan supplier dengan peringkat terbaik dalam kurun waktu tertentu.
7. Perilaku pembelian: the webster and wind model and the sheth model

Perilaku pembelian The webster and wind model
Ini adalah model yang cukup komprehensif.  Ini mempertimbangkan empat set variabel yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian di suatu perusahaan.  Ini adalah: lingkungan, organisasi, pusat pembelian, dan individu. 
Variabel-variabel lingkungan mencakup (a) fisik, (b) teknologi, (e) ekonomi, (d) politik, (e) hukum, serikat pekerja, (g) budaya, permintaan pelanggan, kompetisi, dan informasi pemasok  .  Faktor lingkungan memengaruhi keputusan pembelian masing-masing organisasi.
Variabel organisasi meliputi (a) tujuan, (b) tujuan, (e) struktur organisasi, (d) kebijakan dan prosedur pembelian.  (e) tingkat sentralisasi dalam pembelian, dan (sistem evaluasi dan penghargaan. Variabel-variabel ini secara khusus mempengaruhi komposisi dan fungsi pusat pembelian, dan juga, tingkat sentralisasi atau desentralisasi dalam fungsi pembelian dalam organisasi pembelian.
Fungsi pusat pembelian  dipengaruhi oleh variabel organisasi, variabel lingkungan, dan variabel individu. Output dari proses pengambilan keputusan kelompok pusat pembelian termasuk solusi untuk masalah pembelian organisasi dan juga kepuasan tujuan pribadi anggota individu.  pusat pembelian.
 Kekuatan dari model, yang dikembangkan pada tahun 1972, adalah bahwa ia komprehensif, secara umum dapat diterapkan, analitis, dan bahwa ia mengidentifikasi banyak variabel kunci yang dapat dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi pemasaran oleh pemasar industri. Namun, model tersebut lemah  dalam menjelaskan pengaruh spesifik dari variabel kunci.

Perilaku pembelian the sheth model
Model ini mencakup tiga komponen dan faktor situasional, yang menentukan pilihan pemasok atau merek dalam proses pengambilan keputusan pembelian di suatu organisasi.  Perbedaan antara harapan pembeli individu (Komponen 1) disebabkan oleh faktor-faktor, seperti (a) latar belakang individu, (b) sumber informasi mereka, (c) pencarian aktif, (d) distorsi persepsi, dan (e)  kepuasan dengan pembelian sebelumnya
Komponen 2 variabel yang menentukan apakah keputusan pembelian itu otonom dan atau Bersama.
A. factor spesifik produk, tekanan waktu, risiko yang dirasakan, jenis pembelian
B. factor spesifik perusahaan, ukuran perusahaan, orientasi perusahaan, tingkat sentralisasi
Komponen 3, metode yang digunakan untuk resolusi konflik dalam proses pengambilan keputusan Bersama. Terdiri dari pemecahan masalah, persuasi, tawar-menawar, politisasi

8. Aktivitas Pembelian Saat Ini
A.                Just in time delivery
berarti produk sampai kepada pembeli secara tepat waktu
B.                 Oursourching
berarti membeli bagian dari operasi perusahaan alih alih memproduksi secara resmi.
C.                 Singe sourching
Beberapa industry hanya memesan dengan hanya satu pemasok, meskipun merupakan pemasok alternative,manfaatnya dapat bekerja sama secara erat, melibatkanpemasok dari tahap desain,dan memanfaatkan keahlian pemasok
D.                Value analysis
tujuan analisis adalah untuk mengurangi biaya sambil mempertahankan produk
E.                 Buying committee
sebuah pusat pembelian resmi, ini digunakan di banyak organisasi industry termasuk institusi dan perusahaan pemerintah, umumnya dalam komite satu dua orang mendominasi dalam pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar